*Indonesian Online Games*: Angel Love Online - Ayo Dance - Xian - Gunbound - DOMO - o2 jam - RAN - Ghost Online - Ragnarok - GetAmped - Seal - RF - Deco - Tantra - Master of Fantasy - Risk Your Life - TS Online - Idol Street - Perfect world - Rose online - Lineage2 - Eudemons Online
Navigation Box
Recent Post

Tuesday, March 25, 2008

Cabal Online Bikin Penasaran!

hahahahha..... hari ini gwa browse2 untuk mencari informasi tentang cabal online. Game ini "katanya" lebih bagus dari segi grafik maupun skill dibandingkan dengan RF yang sekarang jadi raja industri game di indonesia... Nah,.. karena itu gwa mulai penasaran dan mulai ngebrowse di om google mengenai game ini. Mungkin bagi kalian yang pernah membaca artikel tentang PT bolehgame yang saya buat sebelumnya , tahu bahwa Cabal online sudah direncanakan dari tahun 2006 untuk dikeluarkan oleh publisher tersebut.. Tapi,.. faktanya sampai sekarang hal ini belum terjadi.... Ya ya ya... lagi lagi bolehgame... lagi lagi bolehgame telah mengecewakan kita semua karena ibarat kata cinta , para gamers tu seperti di"gantungin". Gimana sih??? kok gini,.. padahal jika saja bolehgame mau mengeluarkan game ini.. mungkin dapat menaikan citra perusahaannnya yang sudah buruk itu menjadi lebih baik.

Jadi gmn sih perkembangan cabal itu??...


Sebenernya gwa belum punya kapasitas yang cukup untuk membuat rincian tentang game ini,.. karena... ya memang belum di publish di Indonesia. Tapi sepertinya game ini adalah 3d MMORPG sejenis RF tetapi memiliki tema yang berbeda. Nahh,.. tapi yang saya mau bahas disini bukan mengenai isi gamenya, tetapi tentang perkembangannya , di pasar international.

Sekali lagi terima kasuih kepada om google, karena akhirnya saya dapat menyimpulkan sesuatu yang,....bisa dibilang cukup tragis untuk para gamers. Jadi sebenernya dari awal Cabal adalah free mmorpg dengan sistem item mall (di server internationalnya) akan tetapi server yang disediakan oleh main publishernya hanya untuk gamers dari daerah eropa. ... Dan karena hal itu , sepertinya banyak protes dari gamers Asia tenggara yang sebenarnya sangat tertarik untuk memainkan game ini..... Dan... munculah berita yang mengagetkan .. sampai sampai berita ini dimuat di situs MMORPG international. Berita ini bertuliskan "Cabal Online opened South Asian Market". WOW! judul ini membuat para gamers Asia tenggara sangat antusias (bisa dilihat dari feedback web tersebut).

Pasti anda sudah mulai mengerti apa yang saya maksud. Ya... publisher yang dimaksud adalah PT BOLEHGAME! yang sebenarnya sudah dipercaya untuk memegang lisensi asli (bukan private server) untuk market Asia tenggara. Kesal? .. ya saya sangat kesal sewaktu mengetahui fakta tersebut,.. tp,.. Tunggu dulu... Ada beberapa pendapat gamers yang cukup rasional akan fenomena ini... Memang sebenarnya kurang masuk logika bahwa bolehgame mau menjatuhkan reputasinya sebesar ini (walaupun memang sudah jatuh) . Para gamers yang lain berpendapat bahwa sebenarnya bolehgame menunggu waktu yang tepat untuk mengeluarkan game tersebut,.. agar game yang dibanggakannya ini tidak kalah saing dengan game RF yang sewaktu itu jadwal open betanya "katanya" sama. Karena itulah bolehgame mengulur waktu ... tapi? sampe 2 tahunkah??? ..... - -a ..

yasudahlah... akhirnya gwa memutuskan untuk melupakan sejenak game ini... dan mulai beralih untuk memikirkan game yang pasti2 aja ,.. yaitu Perfect world... semoga aja game ini bisa membuat warna baru di industri game online Indonesia.

Website:
-Server Eropa : http://www.cabalonline.com/
-Server Indonesia (yg digantungin..) : http://cabal.boleh.com


nih biar makin penasaran ^^

1 comment:

V-ZERO said...

ada kabar gembira...! cabal sudah buka untuk player di asia ... server di singapur... di http://www.cabalsea.com ^^